Tuesday 22 March 2022

Cara Membuat Number_Format() di MySql

 

Selamat datang di blog saya


Kali ini saya akan membahas salah satu fungsi mysql yang sering sekali digunakan untuk membuat angka menjadi format uang/currency seperti menggunakan fungsi number_format() pada bahasa pemrograman PHP. Baik langsung saja kita kepembahasannya.


Seringkali ada beberapa kondisi dimana kita ingin menampilkan data angka menjadi format uang/currency saat melakukan pengelolaan database bahkan saya pun pernah mengalami hal ini. 


Di dalam SQL terdapat fungsi yang sangat mirip dengan fungsi number_format() pada bahasa pemrograman PHP yang berfungsi mengubah angka menjadi format uang/currency, yaitu FORMAT( number , decimal_place ) contoh penggunaannya seperti dibawah ini :




  	SELECT FORMAT(257500.5634, 2);
    
    /*
    Hasilnya menjadi seperti dibawah ini
    
    257,500.56
    */
  

Dalam penggunaan fungsi FORMAT() di MySQL terdapat 2 parameter yaitu :


number                : Angka atau value yang akan diubah formatnya

decimal_place     : Berapa panjang angka yang akan ditampilkan dibelakang koma 


Baiklah mungkin hanya itu saja yang dapat saya sampaikan, apabila ada kesalahan atau ralat mengenai script di atas dapat tinggalkan komentar dibawah.


Sebelumnya terima kasih telah mengunjungi blog saya, sampai jumpa di artikel berikutnya

#MY_SCRIPT_MY_ADVENTURE